Jason Mraz: Cerita Tentang Mengapa Ia Menyembunyikan Seksualitasnya Demi Menghindari Jadi Bahan Lelucon

Foto : PxPic

 

IBUDIBJOUPDATE, JAKARTA Jason Mraz Akhirnya Membuka Diri tentang Seksualitasnya. Penyanyi dan penulis lagu terkenal, baru-baru ini mengungkapkan cerita pribadinya mengenai seksualitas dalam sebuah podcast dengan Jesse Tyler Ferguson berjudul Dinner's on Me. Mraz, yang kini berusia 47 tahun, pertama kali terbuka mengenai seksualitasnya pada tahun 2018. Dalam percakapan tersebut, Mraz menjelaskan mengapa ia tidak membahas topik ini secara publik lebih awal.

Perjalanan Awal dan Rasa Takut

Mraz menyebutkan bahwa ia menyadari dirinya tidak sepenuhnya heteroseksual seiring bertambahnya usia. "Saya tidak memiliki banyak pengalaman seksual saat di SMA. Saya takut dengan lingkungan sekolah dan sering dibully, sehingga saya hanya ingin segera meninggalkan kota kecil saya," ujarnya.

New York City menjadi pelarian yang sempurna bagi Mraz, dan akhirnya ia pindah ke California. Di sana, ia menemukan komunitas yang bisa melihat dan mendengarnya dengan cara yang belum pernah ia rasakan sebelumnya. Namun, konservatisme dari lingkungan asalnya masih membayangi pikirannya, membuatnya merasa takut dengan reaksi keluarga dan teman-temannya.

Tak Ingin Menjadi Bahan Lelucon

Di era 90-an, menjadi gay sering kali menjadi bahan lelucon, dan Mraz tidak ingin menjadi bagian dari itu. "Saya menundukkan kepala dan mencari cara agar bisa melihat dunia suatu hari nanti. Dan saya sangat menikmati itu," katanya.

Meskipun ia merasa sebagai "late bloomer" atau orang yang terlambat berkembang, Mraz merasa hidupnya baru saja dimulai. "Meskipun saya berkembang lambat, saya merasa hidup saya baru saja dimulai. Saya belum menemukan cinta sejati, tetapi saya telah belajar banyak dari hubungan-hubungan yang pernah saya jalani," tambahnya.

Pengalaman Pribadi dan Hubungan

Mraz pernah menikah dengan Sheridan Edley dari tahun 2000 hingga 2001, dan kemudian menikahi Christina Carano pada tahun 2015. Namun, pasangan ini berpisah delapan tahun kemudian. Selama pernikahannya dengan Carano, Mraz berbicara tentang seksualitasnya dalam sebuah wawancara dengan Billboard. Ia mengungkapkan bahwa ia pernah memiliki pengalaman dengan pria, meskipun sedang menjalin hubungan dengan Carano.

"Istri saya menyebutnya 'dua roh', istilah yang digunakan oleh penduduk asli Amerika untuk seseorang yang bisa mencintai pria dan wanita. Saya sangat menyukai istilah itu," ungkap Mraz.

Menerima Diri Sendiri

Dalam percakapan dengan GLAAD pada tahun 2023, Mraz berbagi bagaimana perceraiannya membantu dirinya menerima identitasnya. "Anda membawa banyak rasa malu dan bersalah. Anda ingin menyembuhkan sebanyak mungkin hubungan masa lalu, sambil melangkah ke penerimaan dan identitas baru. Itu juga tidak mudah," katanya.

Dengan cerita ini, Jason Mraz menunjukkan bahwa perjalanan menuju penerimaan diri adalah sebuah proses yang membutuhkan waktu dan keberanian. Semoga kisahnya menginspirasi banyak orang untuk menerima diri mereka sendiri apa adanya, tanpa takut menjadi bahan lelucon.

 

#Pengen nonton konser?  Beli tiket konser terpercaya dan event lainya di www.ibudibjo.com atau hubungi admin 085716504358

Comments